Sebuah Upaya Merekam Momen : Nyobain Self Photo Studio!

 

Hai! Aku Vera! Ini tulisan pertamaku di blog ini! Kita awali dengan cerita-cerita baik aja ya alias berkesan. Oke langsung mulai saja! Berawal dari ide temenku yang spontan enggak pakai “uhui” yang ngajakin kita buat foto studio. Awalnya pertemuan esok hari hanya untuk acara ala-ala perpisahan temen kita yang mau pindah ke Malang buat kuliah. Ya pilihannya apa lagi kalau bukan nongkrong.

Setelah aku ingat kembali, kenangan foto studio terakhirku pas tahun 2016 lalu saat foto ala-ala lepas wisuda S1 bareng temen. Sebenarnya udah punya niat foto studio bareng keluarga dan sama temen setelah wisuda S2, tapi apa daya. Yaudah yang ini aja duluan enggak apa! Setelah kita diskusi cepat malam itu, akhirnya besok kita memutuskan untuk tetap berangkat foto sebelum nongkrong. Harga untuk masing-masing anak sudah dibagi dan disepakati. Tinggal booking aja PRnya dan itu dah tugas temen hehe. Printilan lain kita bahas lewat di grup chat. Jadi, akhirnya gimana ya hasil fotonya? Aku mulai ceritain prosesnya dulu ya!


Diskusi Outfit dan Waktu Foto!


Malam sebelumnya, aku dan keempat temenku udah bahas mau pakai outfit seperti apa. Jadi, yang enggak datang malam itu kita bagiin info di grup aja. Daripada ribet dan kita semua pada enggak suka ribet, akhirnya memutuskan untuk pakai outfit foto nuansa hitam. Yang penting ada warna hitamnya aja sih! Udah kepikiran sih dari malamnya aku mau pakai apa. Cuma bawahannya aja aku ganti, yang awalnya niat pakai celana jens aku ganti pakai celana kulot warna hitam. 


Temenku bertugas buat booking karena dia yang punya ide awal dan paling semangat buat foto studio hehe. Kebetulan yang kita tuju tuh foto studio yang lagi hipe di Blitar. Biar enggak kaku-kaku pas foto dan malu sama fotografernya, kita pilih self photo studio! Yap namanya Potraitroom.blt! Ya ini yang kubilang studio yang banyak diminati kaum muda-mudi Blitar karena bisa foto sendiri tanpa fotografer. Ya poin plusnya kita enggak perlu malu dan kagok aja karena kita foto sendiri, mencet-mencet sendiri, mau pakai gaya apapun sih bebas!


Kita pilih waktu lepas mahrib sekalian nungguin yang lain pada pulang kerja! Lumayan aku masih punya waktu beberapa jam buat istirahat sebelum berangkat foto dan nongkrong. Sudah bisa ditebak, yang selalu datang duluan adalah aku! Walau aku dah mampir dulu ke tempat lain ee tetep aja nomor satu! Kalau janjian sama anak-anak di bawah usia alias bocil mah gini, harus sabar. Tapi, enggak mau lagi memaklumi! Hihi . . .


Self Photo Studio Pertama di Blitar!


Setahuku si Potraitroom.blt ini merupakan self photo studio pertama di Blitar. Kalau kamu ada yang baca tulisan ini dan pernyataanku salah, mohon dikoreksi ya! Ya kenapa aku bilang gitu! Sejak awal kemunculannya di tahun ini, aku ya baru tahu sih ada beginian di Blitar. Sejak awal buka sejujurnya aku udah tertarik buat nyobain bareng temen atau siapa tahu aku bisa foto pakai kebaya dan togaku di sini! Ya walau sampai saat ini masih belum tahu wisuda kapan sih, hadeh. Sampai pada akhirnya aku lupa punya niatan demikian. Ya akhirnya terealisasikan bareng temen-temen kafe deh! Semoga deh foto wisuda segera menyusul, aamiin! Mikirn konsep juga sih bekalnya.


Tempatnya ada di ruko Pasar Wage Kota Blitar. Nah! Prosesnya kita harus reservasi dulu untuk bisa foto di sini. Takutnya bakalan antre sama orang yekan! Yang kutahu ternyata, enggak cukup waktu satu jam aja lo buat foto di sini! Soalnya kemarin tuh dari mulai persiapan foto, proses foto, milih foto, sampai nunggu cetak foto tuh kita butuhin waktu satu jam lebih. Seperti yang kubilang di awal, kita pilih waktu lepas mahrib tepatnya pukul 18.30! Kita booking untuk tujuh manusia alias tujuh orang. Kalau mau booking juga gampang kok! Caranya ya tinggal ke instagram mereka aja! Udah lengkap sih informasi mulai dari cara booking, lokasi, sampai daftar harga. Kita pilih paket foto grup dengan harga 150 ribu untuk 5 orang. Nah karena kita bertujuh nih, kita dapat tambahan biaya 50 ribu saja! Totalnya sih, masing-masing kita hanya mengeluarkan uang sekitar 25 ribu saja! Yah lumayan terjangkau sih!

Untuk fasilitasnya cukup lengkap sih! Ada beberapa aksesoris yang bisa kita pilih untuk menunjang pose kita. Mulai dari kaca mata, boneka, bando, dan printilan lain! Ini udah cukup sih walau ada beberapa yang udah patah (rusak). Tapi, kalau mau lebih oke bisa bawa printilan sendiri. Bisa gonta-ganti background foto juga! Tapi, sayang pas kita kemarin ke sana, kita cuma bisa pakai satu background doang. Sebenarnya tidak jadi masalah, masih oke-oke saja! Nah, kita hanya punya waktu 30 menit untuk foto-foto ya! Emm bagiku ini udah lebih dari cukup sih! Oh ya! Fasilitas yang lain, kita bakalan dapat cetakan foto sejumlah orang (grup) dan semua file akan dikasih cuma-cuma! Dari foto kita yang kelihatan niat plus bagus sampai foto acakadul kita, semua file dikasih kok ke kita! Gimana?

Mulai Kagok, Lincah hingga Mati Gaya!

Menurutku dengan waktu 30 menit tuh lebih dari cukup! Lumayan lama lo! Sampai bingung harus pose gimana lagi. Padahal sebelum berangkat, si pencetus ide foto udah kasih PR ke kita buat mikirin gaya wkwkwk. Hasilnya? Yaudah 30 menit itu pose kita semua ya spontan aja! Mulai dari masih nyoba-nyoba, kagok pula eee lama udah enjoy. Mulai ganti pose, ganti formasi, sampai yaudahlah mengalir saja. Eee menjelang menit terakhir udah panik dan muncil ide buat foto sendiri juga! Karena judulnya ini adalah acara apa ya, “Perpisahan?” Jadinya kita foto satu-satu bareng si temen yang bakalan pindah ke Malang. Ya karena semua anaknya pada enggak bisa serius, jadi enggak ada tuh yang namanya sedih-sedihan!


Upaya Merekam Momen 


Bagiku ini bentuk upaya merekam momen yang beda aja. Enggak pernah terbesit bakalan foto gini bareng temen-temen bocilku, temen-temen baruku sih. Part satu ini agak melow ya! Paling enggak suka, tapi harus kutulis sih wkwkw. 


Kalau bukan ide dadakan @ventagilda__ yang ngeyel banget ngajak foto studio, ya enggak akan bikin kenangan niat gini. Kalau enggak karena nak kicik temen ngobrolku ini @bagaasd_ mau pindah malang, kita enggak akan kumpul. Di sini aku yang paling tua, tapi berasa dibahagiakan dengan cara mereka.

Catatan : 

Buat yang penasaran sama si Potraitroom.blt ini bisa kepoin IG-nya ya! Mungkin kamu penasaran sama tempat, fasilitas, dan yang terpenting harganya bisa langsung kepoin aja ya! Oh ya! Informasi terkait bisa saja berubah ya! 



Comments

Popular Posts